RSS Feed

Perisan Utility

Pengenalan Utility

Perisian utiliti merujuk kepada perisian sokongan atau bantuan yang berperanan membantu memastikan kelancaran perkakasan komputer, sistem pengedalian  danperisian penggunaan. Perisian utiliti telah lama disepadukan dengan kebanyakan sistem pengendalian utama.

 Pengenalan Avira Antivirus

  – Avira  Antivirus Personal – Free Antivirus atau free Avira adalah salah satu produk gratis. Aplikasi ini hanya untuk penggunaan pribadi.

–  Seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus, ia berguna untuk memindai (scanning) virus dan juga dijalankan sebagai proses Background, memeriksa setiap file yang dibuka dan ditutup. Hal ini dapat mendeteksi dan menghapus kemungkinan rootkits. Ia juga dapat melakukan Update secara otomatis lewat Internet setiap hari.

Fungsi / Kegunaan

Antivirus sering dituduh sebagai penyebab komputer menjadi lambat. Tuduhan ini tak sepenuhnya salah. Sebab antivirus (sesuai tugasnya yang berfungsi menjaga komputer dari serangan virus) memang beroperasi saat komputer menyala. Akan tetapi menyalahkan antivirus sama saja dengan menyalahkan diri sendiri. Sebab kita juga yang menginstall antivirus ke dalam komputer dengan tujuan melindungi komputer

Langkah Kerja

1) Scan secara spesifik

Lakukan scan antivirus secara spesifik. Anda bisa scan pada folder atau file tertentu. Hal ini akan menghemat waktu dibandingkan jika harus menscan keseluruhan komputer. Memang, pada waktu tertentu diperlukan untuk men-scanning keseluruhan komputer (misalnya dua minggu sekali). Akan tetapi, untuk tiap harinya hal itu tak perlu dilakukan. Cukup scan pada file/folder yang dibutuhkan. Missalkan Anda baru saja mendownload sebuah file, cukup scan file hasil down tersebut.

Untuk caranya, klik kanan mouse pada folder/file yang ingin discan, lalu pilih “scan selected files with Antivir”.

2) Jadualkan scan saat komputer tak dipakai

Anda bisa atur jadwal scan pada saat komputer tak dipakai, seperti saat jam makan siang misal.
Di Avira, Anda bisa mengatur jadwal scan pada “Administration” > “Scheduler”. Di sana, Anda bisa atur waktu scan dan drive yang akan discan.

Setiap antivirus memiliki fitur ini. Biasanya fitur tersebut terdapat pada “setting”.

3) Mengatur setting scan

Secara default, program antivirus di-setting untuk memberikan perlindungan terbaik untuk komputer. Anda bisa atur setting tersebut agar proses scanning bisa berlangsung cepat.  Di Avira, Anda bisa atur ini pada menu “Extras” > “Configuration” (atau tekan F8). Pada “scan” Anda bisa atur file berekstensi apa yang hendak di-scan.

Anda juga bisa tentukan “low detection level” pada “heuristic” jika tak menginginkan tingkat deteksi heuristik yang tinggi, yang berarti juga antivirus tak perlu bekerja lebih keras.

Demikian juga pada “Guard”, Anda bisa atur proteksi minimal agar kerja antivirus tak berat. Memilih “use file extension list” dan “use smart extensions’ misal, jelas membuat antivirus beroperasi tak seberat ketika memilih “all files”.

4) Ubah setting update antivirus

Kalau setting update otomatis antivirus terasa memberatkan komputer, Anda bisa mengubahnya. Di Avira, mengganti setting update antivirus bisa dilakukan pada menu “Extras” >  “Configuration”. Lalu pilih “Update”. Anda bisa ganti waktu update antivirus menjadi seminggu sekali misalnya.

5) Scan pada Safe Mode

Saat komputer berada pada kondisi “Safe Mode”, program, dan file sistem yang tak penting secara otomatis tidak aktif. Sehingga antivirus bisa melakukan scanning dan menghapus virus lebih cepat.

Untuk masuk ke “Safe Mode”, saat pertama kali menghidupkan komputer, tekan tombol F8 berulang-ulang di keyboard komputer. Lalu pilih “safe mode”. Kemudian tinggal jalankan antivirus seperti biasanya.

 Laporan scan Avira Antivirus

Pengenalan Disk Defragment

Disk defragmenter adalah sebuah Program untuk membantu merapikan penempatan data didalam Harddisk, setelah rapi efeknya adalah kecepatan dalam mencari data lebih efisien karena tidak berpencar lagi sehinnga mempercepat loadingnya.

Fungsi

1.    Defragmenter mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi harddisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam harddisk ataupun error program, windows yang kita pake sekarang ini sangat sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yang berguna menjaga hardware.

2.    Disk Defragmenter merupakan tool bawaan Windows, tool ini digunakan untuk merawat hard disk dari file yangterfragmentasi. File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan memperlambat sistem.

Kegunaan

Disk Defragmenter berguna untuk menyusun Kembali urutan-urutan sector (Pecahan atau bagian) dari file atau Folder yang terdapat di dalam Harddisk sehingga memudahkan Windows untuk membaca File atau Folder tersebut.

Langkah Kerja

 

Step 1 : Tekan START dalam MY COMPUTER, tekan dalam SYSTEM TOOLS, right click THE DISC DEFRAGMENTER dan  tekan OPEN.

Step 2 : DISC DEFRAGMENTER  akan  keluar dalam SCREEN dan tekan  DEFRAGMENT NOW.

Step 3 : ikut THE PARTITION dan  tekan ‘OK’.

Step 4 : DISC DEFRAG  dalam PROCESS sekarang.

Step 5 : DISC DEFRAGMENTATION  sudah siap dan lengkap.

Pengenalan CCleaner

CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilita perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.

Fungsi/kegunaan

Software atau perisian CCleaner adalah aplikasi yang mempunyai ciri-ciri Freeware Cleaning and Tweaking. Fungsi CCleaner adalah untuk membersih dan menghapuskan fail-fail yang sudah tidak lagi digunakan atau terpakai (sampah), memperbaiki system registry yang errorhistories cookies pada semua browser dari pc atau laptop rakan-rakan sekalian dan akan menjadikan windows jadi lebih ringan dan cepat. Software ini memang wajib di install disetiap PC sama ada untuk kegunaan di rumah ataupun pejabat.

Langkah Kerja

1. Setelah anda memuat turun (download) aplikasi tersebut, sila “install” dan jalankan (RUN) di dalam komputer anda.

2. Sila tandakan semua bahagian yang tidak bertanda seperti gambar di bawah ini. Iaitu di bahagian Windows & Applications.

3. Di bahagian Options > Settings anda bolehlah pilih apa-apa pilihan yang ada disitu. Tetapi saya tidak klik apa-apa di bahagian Settings ini kecuali untuk

Secure Deletion >>>> Saya memilih “Normal File Deletion

Wipe Free Space Driver >>>> Saya klik semua driver yang ada.

4. Klik semua bahagian, kemudian klik Run CCleaner. Selepas itu, sila klik di bahagian Registry kemudian pastikan semua kotak bertanda. Klik Scan For Issue dan akhir sekali klik Fix Selected Issue. Lakukan proses ini beberapa kali. Kebiasaannya saya akan buat 2-3 kali agar ia benar-benar kosong.

Run C Cleaner scan menjalankan dalam window yang sudah pilih.

Run C Cleaner Scan menhabiskan sudah (100%) dalam 10.336 sec, fail yang 4,76 MB juga sudah remove.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: